sp31

Saat ini marak bermunculan pengobatan tradisional yang berkembang di masyarakat seiring dengan meningkatnya minat dan pilihan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tradisional. Berbagai metode pengobatan yang beredar tersebut seringkali mempromosikan produknya secara berlebihan dengan mengklaim dapat mengobati berbagai penyakit khususnya penyakit kronis bahkan tanpa operasi, seperti Jaket anti kanker Warsito, ATFG-8, Ceragem, Pengobatan Tramedica oleh Ratu Givana, Pengobatan alternatif oleh Hj. Zubaidah, dan lain sebagainya. Sementara metode pengobatan yang beredar itu sendiri belum dapat dibuktikan keamanan dan manfaatnya secara ilmiah.

Hal ini mendorong pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah untuk mengatur berbagai metode yang berkembang tersebut. Melalui Sentra P3T (Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional), penapisan terhadap metode pelayanan kesehatan tradisional dilakukan demi melindungi masyarakat dari hal-hal yang merugikan dan membahayakan. Di samping itu, jika diperoleh kearifan lokal yang terbukti aman dan bermanfaat diharapkan dapat dikembangkan dan diterapkan di masyarakat.

Kini Sentra P3T telah terbentuk di 33 provinsi. Untuk meningkatkan kapasitas dalam menjalankan tugas dan fungsi Sentra P3T ketika melakukan penapisan terhadap metode, alat kesehatan tradisional, dan bahan/obat tradisional, pada bulan April 2015 lalu Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif, dan Komplementer telah mengadakan workshop pengkajian Sentra P3T dalam rangka peningkatan pengetahuan peneliti Sentra P3T dalam penyusunan proposal dan protokol dalam bentuk pengkajian observasional, telaah sistematik, dan pengujian alat. Tujuannya agar terdapat persamaan persepsi dalam melakukan penapisan sehingga hasil penapisan dapat dipertanggungjawabkan kemanan dan manfaatnya.

fotodkbkm1fotobkm2fotobkm3

Pada tanggal 23-25 November 2015 bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan telah diselenggarakan Seminar hasil penapisan Sentra P3T tahun 2015. Hasil penelitian yang telah disampaikan oleh tim peneliti masing-masing Sentra P3T kemudian direview oleh tim pembahas dengan kesimpulan berupa: berpotensi dikembangkan, diakui untuk digunakan, dapat dikembangkan di masyarakat, dan sebagai inventarisasi database.

Demi keberhasilan penapisan atau penelitian yang dilaksanakan oleh Sentra P3T, diperlukan kerja sama yang baik antar lintas program dan lintas sektor baik dari tim peneliti, tim pembahas penapisan, serta dukungan Pemerintah Daerah setempat.

Comments are closed.

MEDIA CETAK TRADKOM

cover2_media_tradkom

Poster Yankestrad 48cm x 62cm REV